Masuk Perkuliahan di Jurusan Ilmu Perpustakaan, ternyata enak!!

      Hai, perkenalkan nama saya Lida Dara Jayanti bukan "lidah" yaa. Hmm.. Cukup unik ya nama saya hehe, ingat! nama juga adalah restu dari orangtua. Saya dulu juga bingung kenapa saya diberikan nama begitu aneh tapi setelah saya tanya, rupa oh rupanya nama tersebut gabungan dari nama orangtua saya hehehe cukup lucu, kaget, merasa terkesan dengan pemberian nama tersebut. 
     Sedikit memberikan pengalaman yang sudah saya lewati tentang bagaimana saya masuk Perkuliahan dan Ilmu Perpustakaan, Masuk perkuliahan tentu saja merupakan Pendidikan yang lebih tinggi di banding pendidikan yang lainnya dan banyak juga uang yang harus dikeluarkan hehhe tapi demi masa depan yang cerah, so no problem. Oke langsung saja, setelah saya lulus dari sma, bukan hal yang mudah untuk bisa lolos dengan nilai yang cukup baik agar mendapatkan perguruan yang tinggi dan Alhamdulillah lulus dengan nilai yang cukup memuaskan, saya mencoba untuk mengikuti jalur SNMPTN dari sekolah dan hal yang  benar-benar tidak terduga ternyata saya lulus!! *yeahh., pada waktu itu saya sangat bersyukur, mungkin ini berkat doa dari ibu sehingga saya lulus tanpa harus mengikuti jalur SBMPTN. Kemudian, saya membuka alamat website yang telah guru berikan kepada saya dan dengan cepatnya langsung saja saya buka, setelah saya buka tertera 3 pilihan Jurusan, yang pertama Jurusan Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, dan satunya saya lupa hehehe...*maklum udah pikun* :D . Saya bingung mau pilih yang mana, kemudian saya meminta pendapat dari orangtua saya, ayah saya memilih Ilmu Perpustakaan sedangkan ibu saya memilih komunikasi. Saya bingung. Bagaimana tidak? Pada saat itu saya tidak tahu dan mengerti tentang perkuliahan,  apa itu Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Komunikasi, saya juga bingung Ilmu Perpustakan itu bagaimana sih? dan saya baru mendengar tentang Ilmu Perpustakaan, kedengaraanya sungguh asing,kemudian saya browsing ternyata Ilmu Perpuskaan itu adalah jurusan yang sedikit dijumpai alias langka, diindonesia sendiri baru beberapa universitas yang mempunyai Fakultas Ilmu Perpustakaan,  Hal yang pertama muncul di benak saya adalah  setelah lulus dari jurusan tersebut kerjanya hanya menjaga perpustakan, mungumpulkan buku, dan sebagainya yang berkaitan dengan buku yang membosankan dan saya sangat tidak suka -_- Tidak lama dari itu, ayah saya datang menghampiri dan menyuruh saya untuk memilih Ilmu Perpustakaan, ibu saya juga ikut-ikutan padahal awalnya beda pendapat -_- alasan ayah saya memilih Ilmu Perpustakan itu karena Prospek Kerjanya bagus dan sedang banyak dibutuhkan kinerjanya *btw, ayah dapat cahaya ilham dari temannya, makanya tau* . Saya sempat gundah gulana, kenapa harus di jurusan itu? Kenapa tidak yang lebih baik sedikit? Kenapa harus Jurusan yang menyangkutpautkan dengan buku dan segala hal nya tapi berhubung saya adalah tipe orang yang penurut dan malas untuk berpikir panjang, saya ambil saja Jurusan itu, toh saya juga dapat dukungan dari keduaorangtua yang membuat saya lebih semangat, yah meskipun saya gak ikhlas karena dari awal saya mau memilih Jurusan yang berkaitan dengan perguruan tinggi 'Fakultas Tarbiyah', tapi apa boleh buat takdir berkata lain, saya ditakdirkan masuk Jurusan perpustakaan :( kebahagiaan orangtua juga kebahagiaan saya. Jadi harus semangat!! *walaupun berat hati dan mau tak mau harus diterima. Caelah lebay wkwk* tapi beneran, saya gak terima masuk Jurusan tersebut. Tapi yah harus dijalani saja, lagian belum dicoba belum tau hasilnya kan?? Sesuai dugaan saya, teman-teman bertanya kepada saya "kenapa mau ngambil Jurusan itu?gak ada Jurusan lain apa?  Memang kedepan nya bisa jadi apa? Pasti lebih banyak ngurusin buku, ngebosanin,banyak sekali pertanyaan yang tertuju padaku, asal kalian tau rasanya itu membuat hati kecilku terasa ngilu, merasa bodoh dengan apa sudah kupilih dan saya langsung drop, semangatku hilang, sesaat saya mengingat orangtua, lalu saya jawab dengan singkat, kalau belum dicoba pasti gak akan tau hasilnya dan nanti nya jadi apa, inshallah akan lebih baik dari pengurus perpustakaan :)  yap! Begitulah saya jawab dengan singkat padat jelas hehehe... Ketika waktu berlalu dan semakin berlalu, ternyata Ilmu Perpustakaan tidaklah begitu buruk dan cukup menyenangkan, bertemu dengan orang-orang memotivasi dan benar kata ayah saya, Ilmu Perpustakaan itu mempunyai prospek kerjanya yang sangat bagus, bisa bekerja diberbagai pemerintahan sebagai juru pembukuan, dan tentunya gaji yang didapat lebih besar,  kerja tak banyak, menghasilkan uang banyak,  dan hatipun senang. asal bersungguh-sungguh.  Asli gak akan nyesal milih Jurusan Ilmu Perpustakaan, 100 persen. Dan buktinya saya sekarang,  yang awalnya hanya mimikirkan yang tidak-tidak tentang Ilmu Perpustakaan, tidak percaya diri, gak ikhlas sama apa yang dipilih, setelah dijalanin itu sangat berbeda dengan apa saya pikirkan selama ini. Dan melebihi sepenuh hati ikhlass memilih jurusan Ilmu Perpustakaan. Mungkin ini rencana Allah untuk saya, semua orang mempunyai takdir yang beda bukan? Dan saya memilih ini.  :) love lah buat Ilmu Perpustakaan :*
Intinya, jalani apa yang sudah diatur jangan dengarkan mereka yang tidak-tidak, toh yang ngejalanin siapa, mereka hanya berkomentar tapi tidak untuk menjalani nya. Betull?? Betul ajalah ya hehehe..  Thankyouu sudah membaca  pengalaman saya masuk di Jurusan Ilmu Perpustakaan :* jadi buat siapapun yang masuk Jurusan Ilmu Perpustakaan, semangatt!! Pasti bisa, pasti sukses! lalu tunjukkan dengan mereka yang berkomentar yang tidak-tidak! :*

Komentar

Postingan Populer