Tipologi kerangka Jenis Perpustakaan




  • Perpustakaan Pribadi 

           Sinyo Harry Sarundajang (mempunyai koleksi 500 buku) dan  Kathleen Azali. Merupakan salah satu dari banyaknya orang yang gemar membaca dan mengoleksi serta obsesi nya dengan buku. Jadi, mereka akan berupaya untuk memenuhi keinginan mereka dengan cara membnagun sebuah Perpustakaan Pribadi.

  • Perpustakaan Umum dan Keliling

        Perpustakaan Daerah (Umum), Kuda Pustaka (Keliling), Angkot Pustaka (keliling), Bemo Penebar Ilmu (Keliling), Motor Pustaka (keliling) adalah jasa yang berasal dari masyarakat itu sendiri kemudian diberikan kepada masyarakat yang bersifat Tidak memandang jenis kelamin, yang telah disediakan  untuk masyarakat secara gratis, sama seperti halnya dengan perpustakaan bergerak atau keliling hanya saja perpustakaan ini lebih mempermudahkan pembacanya dengan mendatanginya secara langsung.

  • Perpustakaan Khusu

        Perpustakaan Khusus sepertiPerpustakaan Instansi Pemerintah,  Lembaga Penelitian,  BUMN, Bank, Indusrti,  Lembaga Keagamaan,  Perpustakaan Rumah Sakit. Adalah Perpustakaan yang disediakan oleh Pemerintah untuk keperluaan membaca seperti pada umumnya tetapi pada Perpustakaan ini beda yakni hanya untuk kalangan tertentu saja yang, tidak semua orang bisa menggunakan buku tersebut.. oleh sebab itu, Perpustakaan ini termasuk Perpustakaan Khusus

  • Perpustakaan Internasional

       Perpustakaan Internasional adalah Perpustakaan hasil gabungan dari dua Negaran atau lebih yang telah disepakati seperti contohnya UN Library (United Nations), Perpustakaan Sekretariat ASEAN Jakarta . inilah disebut Perpustakaan Internasional

  • Perpustakaan Nasional

       Perpustakaan Nasional, lebih besar meliputi seluruh jangkauan daerah. Di Indonesia sendiri terdapat Perpustakaan Nasional yakni PNI (Perpustakaan Negara Indonesia) yang lebih luas dibandingkan dengan Perpustakaan lainnya.

  • Perpustakaan PT

       Perpustakaan Perguruan Tinggi (PT), yang dididirikan hanya untuk di Perguruan Tinggi yang meliputi D1-4 serta S1-3, guna untuk mempermudah pekerjaan, penelitian, pengajaran dan sebagainya.di Perguruan Tinggi.

  • Perpustakaan Sekolah

       Pemerintah harus mnenyediakan segala aset pada sekolah terutama Perpustakaan karena dapat menjadi jembatan ilmu dari guru ke siswanya dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Tingkat keelanjutnya.



















Komentar

Postingan Populer